Selasa, 18 Maret 2014

"Kecap Manis Asli Indonesia"

"Kecap Manis Asli Indonesia"

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
Kecap manis (Foto:tastespotting)
KECAP manis, sebagian masyarakat Indonesia tidak lagi asing menggunakannya. Berdasarkan literatur sejarah, kecap manis asli Indonesia, dengan bahan-bahan pembuat berasal dari Tanah Air.

Prof. Mary Astuti, peneliti dan penemu kedelai hitam dari Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), mengatakan bahwa meskipun belum ada dokumentasi yang rapi, bahan dasar kecap manis terdapat di Indonesia. Bahan baku yang dipakai dalam membuat kecap, yakni kedelai hitam serta gula kelapa. Kedua bahan ini telah ada di Indonesia sejak awal abad ke-9.

"Kedelai di Indonesia ada di buku serat Sri Tanjung, terdokumentasi ada di abad 12 dan 13, sementara gula jawa di abad 9 yang ditemukan dalam buku serat Ramayana," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Mary menambahkan, dalam buku historis Java yang ditulis oleh Raffles, kecap manis sudah dibuat sejak awal abad ke-18. "Dari data yang saya miliki, kecap manis asli Indonesia sehingga negara lain tidak berhak mengklaim kecap manis miliknya," tegasnya.

Menurutnya, meskipun beberapa negara memiliki kecap, bahan dasar yang dipakai jauh berbeda dengan yang dimiliki Indonesia. Dia mencontohkan, China memakai fermentasi kedelai hitam, yang sudah ada sejak abad ke-6, tapi bukan dari kedelai hitam asli. Mereka juga tidak memakai gula kelapa, tapi kecap asin.

Jepang juga memiliki kecap, tapi memakai bahan kedelai kuning. "Yang memakai kedelai hitam hanya di daratan China Selatan, kalau Jepang itu memakai soyu atau kecap asin. Bahan dasarnya kedelai kuning," tutupnya. (ftr)

0 komentar:

Posting Komentar

Text

Pages

Royz

bye

JAM

b

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts